[Latest News][6]

Internasional
Israel-Palestina
Nasional
Olahraga
Papua
Pasifik
Pertahanan & Keamanan
Politik
Sejarah
Sorotan
Tren Sosial

Hubungan Indonesia-India 'Mengganggu China'

Beberapa saat setelah kunjungan PM India, Narendra Modi pada 30 Mei 2018 lalu bermunculan isu tentang India yang akan membangun pangkalan militernya di Sabang. Benarkah India Membangun Pangkalan Militernya di Indonesia?.

Sebenarnya pangkalan militer asing akan sulit berdiri di wilayah NKRI, hal ini karena prinsip politik luar negeri yang dianut Indonesia. Politik bebas aktif yang selama ini tekun dijalankan mengharuskan Indonesia netral dan berdiri diatas semua kekuatan.

Isu pangkalan militer bisa muncul lantaran ketegangan yang belakangan terjadi diantara dua negara ekonomi besar yang saling bertetangga, yakni antara India dengan China. Selain itu dari berbagai bidang kerjasama yang disepakati antara Indonesia dan India, kerjasama bidang pertahanan tidak dijelaskan secara rinci.

Di bidang ekonomi, Indonesia dan India sepakat meningkatkan perdagangan termasuk investasi India di Indonesia salah satunya pembangunan kawasan Sabang. India berencana membangun berbagai fasilitas seperti pelabuhan, rumah sakit dan lain-lain. Tapi tampaknya India tidak akan sendirian, baru-baru ini Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti mengajak jepang berinvestasi di pulau itu.

India-Indonesia adalah pintu Selat Malaka, jalur pelayaran yang penting bagi China. (Editorizal)

Lalu kenapa Sabang?, wilayah provinsi Aceh itu sangat dekat dengan wilayah India dan menjadi pintu masuk ke Selat Malaka, sebuah selat dimana aktivitas ekonomi China bergantung.

Negeri Hindustan sendiri telah membentuk basis militernya yang berjarak sangat dekat dengan Sabang, kali ini dengan menaruh kepentingannya di Sabang, India sedang menantang China. Sementara Indonesia berusaha memanfaatkan situasi tersebut.

Kedatangan PM India ke Jakarta menyusul kunjungan PM China pada bulan yang sama. Apakah ini suatu kebetulan?.

Perlu diketahui musuh utama China saat ini bukanlah negara-negara Asean di Laut China Selatan. Gelontoran investasi China ke negara-negara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia menjadikan Asean bukanlah ancaman.

Peta Persaingan Militer India dan China di Samudera Hindia (Editorizal)

India belakangan tampil mengusik China dengan sukses membangun pangkalan militernya di kepulauan timur Afrika seperti yang telah dilakukan China di benua itu. Kedua negara ini sedang berusaha mengamankan jalur perdagangan mereka, memanjang di Samudra Hindia dari Afrika hingga dekat dengan wilayah Indonesia.

Media China telah mengumumkan kontrak 99 tahun dengan Sri Langka untuk pelabuhan Hambantota. Sementara India membangun pangkalan militer di pulau miliknya yang sangat dekat dengan Sabang di Indonesia.

Apa yang ditakutkan China dari kerjasama Indonesia dan India di Sabang?. Kawasan paling barat Indonesia itu memiliki letak yang sangat strategis sebagai pintu masuk menuju Selat Malaka. Selat Malaka adalah jalur pelayaran utama antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik yang menghubungkan kekuatan besar seperti India, China, Korea, dan Jepang. Hal ini membuat Sabang sangat seksi khususnya bagi China dan India.

Hubungan erat Indonesia dan India juga bisa meredam pengaruh ekonomi China di kawasan Indo-Pasifik termasuk Asean. Jelas sekali Indonesia sedang memainkan perannya sebagai "Balance of Power" (Kekuatan Penyeimbang).

Bagi dalam negeri, meroketnya modal China memunculkan kekhawatiran terhadap pemerintah yang pro-China, dengan masuknya India Jokowi bisa meredam isu tersebut. Stabilitas dalam negeri menjadi sangat penting untuk mengelola posisi strategis Indonesia yang mulai jadi rebutan China dan India.

Akankah kerjasama Indonesia dan India dapat mendorong pertumbuhan kawasan Sabang, dan sekaligus menciptakan kestabilan di kawasan Indo Pasifik?, atau malah menciptakan ketegangan baru?.

About

Editorizal adalah situs blog pribadi yang memuat artikel terbaik yang membahas berbagai topik yang menjadi perhatian penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search